Senin, 25 Oktober 2010

MANAJEMEN KUALITAS DIRI (bag.2)

Beberapa saat lalu di blog ini ditampilkan tentang urgensi Manajemen Kualitas Diri. Nah, sekarang akan coba ditampilkan tentang pilar-pilar MKD.





PILAR-PILAR DALAM MANAJEMEN KUALITAS DIRI
Manajemen Kualitas Diri memiliki empat pilar, yakni :
1. Kesadaran Diri
2. Pengaturan Diri
3. Pembiasaan Diri
4. Evaluasi Diri

PILAR 1 : KESADARAN DIRI
Kesadaran diri yang kita miliki akan menyadarkan kita untuk mau melakukan instrospeksi bahwa segala sesuatu harus dimulai dari diri sendiri, atas kehendak kita dan dikendalikan sepenuhnya oleh kita. Artinya, bahwa pribadi yang berkualitas hanya dapat diwujudkan apabila ada kesadaran dalam diri kita untuk mewujudkan hal itu.

Kualitas diri pada dasarnya merupakan hasil interaksi dari setiap aspek yang ada dalam diri kita yang merupakan potensi ataupun kelebihan diri kita. Dan untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut, paling tidak ada 3 hal yang perlu dikembangkan :

1. KEMAMPUAN (Mampu)
Kemampuan dalam hal ini merupakan kesanggupan atas suatu aspek tertentu, yang biasanya memerlukan keterampilan (skill) tertentu pula. Kita dianggap mampu apabila kita memiliki suatu keterampilan tertentu dan ditunjang oleh pengalaman dalam bidang yang sama.

2. PENGETAHUAN (Tahu)
Menekankan pada aspek keilmuan (knowledge) atas suatu pekerjaan/masalah. Pengetahuan yang kita miliki akan menjadi dasar untuk melakukan suatu tindakan (aksi). Tanpa pengetahuan yang memadai tentang suatu hal, maka tindakan kita tidak akan berdaya guna maksimal.

3. KEMAUAN (Mau)
Kemauan merupakan sikap mental (attitude). Kemauan merupakan energi yang akan mendorong kita untuk melakukan sesuatu.

(masih bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan kalau mau komentar :