Rabu, 30 Juni 2010

MANAJEMEN KUALITAS DIRI (bag.1)

Manajemen Kualitas Diri merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengelola diri sendiri dengan berbagai macam aspek yang dimilikinya agar dapat mencapai kualitas diri yang optimal sehingga bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain

Sama halnya dengan sebuah organisasi, yang akan berjalan dengan baik apabila masing-masing bagian dalam organisasi tersebut menjalankan fungsinya dengan baik, maka demikian halnya dengan kehidupan dan perkembangan kepribadian.



Kepribadian yang kita miliki juga akan menjadi baik apabila fungsi-fungsi (dalam hal ini adalah fungsi kecerdasan) dalam diri kita telah berjalan dengan baik. Sebagai catatan, bahwa menurut David Gamon, Ph.D dan Allen D. Bragdon, kecerdasan manusia pada dasarnya terbagi atas 6 zona yaitu : Kecerdasan Eksekutif & Sosial, Kecerdasan Ingatan, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Bahasa, Kecerdasan Matematika, dan Kecerdasan Spasial.

Setiap orang tanpa terkecuali akan merasa berkualitas apabila semua fungsi kecerdasan tersebut di atas dapat digunakan secara optimal sehingga menjadikan diri mereka berkembang dan maju. Semua fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling mendukung agar tercipta pribadi yang utuh dan berkualitas.

Kualitas pribadi itu sendiri bukanlah sesuatu yang statis, tetapi justru sangat dinamis. Oleh karena itu harus selalu kita perbaharui supaya tidak usang dan tetap sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Perlu diingat, bahwa zaman terus berputar dan waktu terus bergulir.

Demikian pula dengan apa yang ada di sekeliling kita, juga turut berganti. Sehingga apabila kita tidak mau atau lambat dalam mengikuti perkembangan yang terjadi, maka boleh jadi kita akan menjadi seorang pecundang yang akan terpuruk dalam kehidupannya.

Oleh karena itu diperlukan kesadaran untuk memperbaiki kualitas diri dan juga suatu keterampilan dalam mengelolanya agar tujuan untuk meningkatkan kualitas diri tersebut dapat dicapai. Untuk itulah diperlukan Manajemen Kualitas Diri.

(to be continued)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan kalau mau komentar :