Kamis, 03 Januari 2013

Melatih Otak Menjadi Mesin Ide



By

Seringkali kita mengalami mati ide, tidak ada satupun ide ada di kepala. Hal ini terjadi karena kita tidak melatih otak untuk melahirkan ide. Padahal jika dilatih terus menerus, otak kita bisa menjadi mesin ide.

Pada dasarnya, kita mempunyai kreatifitas. 

Yang diperlukan adalah bagaimana agar kreatifitas itu mengarah pada hal-hal yang positif.



Strategi agar otak jadi punya banyak ide:
  • Ubah mood menjadi happy. Mood akan mempengaruhi lahirnya ide. Kalau tidak happy otak tidak bisa berpikir.  Kalau mood tidak baik maka ide juga  tidak baik.
  • Ciptakan rasa ingin tahu. Munculkan pertanyaan “kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu”. Pertanyaan-pertanyaan sederhana akan melatih otak menjadi peka dan kreatif.
  • Terapkan konsep "ATM" (Amati, Tiru, Modifikasi).

2 hal tentang penciptaan ide:
  1. Semua ide yang tercipta adalah kombinasi dari ide-ide lama. Contoh: smartphone tercipta dari kombinasi yang terdiri dari produk-produk telekomuniasi yang sudah ada.
  2. Teori kreatif yang paling dasar adalah melakukan perubahan: dibesarkan atau dikecilkan, ditinggikan atau dipendekkan, dan sebagainya.
Kalau sudah terbiasa, maka kta akan masuk ke level berpikir di luar kebiasaan. Untuk itu mulailah dengan menyelesaikan ide apa yang ada dalam pikiran Anda. Lihat kembali ide-ide lama Anda. 

Terkadang terlalu banyak ide jadi susah untuk mengeksekusi. Ini adalah sebuah problem yang baik. Solusinya adalah,  pilih ide yang lebih penting untuk dilakukan/dieksekusi  lebih dulu. Tentukan ide mana yang lebih siap untuk dieksekusi. (am)

(sumber : http://radiosmartfm.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan kalau mau komentar :